Jumat, 30 Oktober 2009

Wisata Kuliner Solo dan Peta Kota Solo

wisata kuliner solo
Anda suka dengan kuliner solo?. Bagi anda yang akan atau belum pernah ke solo, mungkin anda belum mengenal makanan khas solo. Jenis wisata kuliner solo sangatlah beragam dan sangat menggiurkan di lidah anda. Dan bagi anda yang belum tau kota solo, anta bisa mendownload peta kota solo disini. Peta solo ini kami bagikan dengan cuma-cuma.

Daftar menu wisata kuliner solo dan alamatnya :

Wisata kuliner solo Timlo Sastro
Timlo adalah makanan khas solo yang rasanya yang sangat enak. Teamlo yang terkenal disolo adalah timlo sastro. Makanan ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan makanan berkuah.
Alamat : Belakang Pasar Gedhe solo (Buka jam.10.00 s/d 16.00 ) cabangnya di Pasar m’Beling dan Timlo Solo di Jl. Urip Sumoharjo

Wisata kuliner solo Nasi Liwet
Nasi liwet tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Nasi Liwet yang terkenal di solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu dan Nasi Liwet Yu Sani.
Alamat :  Nasi Liwet Wongso Lemu di Keprabon (Jalan Teuku Umar) dan Nasi Liwet Yu Sani yang berlokasi di kawasan Solo Baru yang berjualan di malam.

Wisata kuliner solo Sate Buntel
Sate Buntel adalah sate kambing khas Kota Solo yang lain dari pada yang lain. Sate Buntel adalah sate yang terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian di-buntel (dibungkus) dengan lemak kambing.Sate kambing yang terkenal adalah  warung Sate Kambing Tambak Segaran.
Alamat : warung Sate Kambing Tambak Segaran, Jalan Sutan Syahrir No 39 (Widuran)

Wisata kuliner solo Pecel n’Deso
Pecel n’Deso adalah nasi pecel yang nasinya berasal dari beras merah, jenis beras yang kini sulit didapat. Pecelnya, berisikan dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang. Sambalnya ada dua pilihan, sambal kacang seperti pecel pada umumnya atau sambal wijen yang memiliki dua pilihan, wijen putih atau hitam.
Alamat : Di pasar Nongko

Wisata kuliner solo Tengkleng
Tengkleng adalah seperti gulai dari tulang-belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Sebagai lauk pelengkap, diberi sate daging, sate usus, sate jeroan, otak dan bagian organ kambing lainnya yang ikut digulai bersama tulang-tulang, seperti mata, pipi, kuping, dan kandungan (klepon). Wisata kuliner solo tengkleng yang terkenal adalh tengkleng mbak diyah dan tengkleng Ibu Ediyem
Alamat : Tengkleng mbak diyah di solo baru, sedang tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer


Wisata kuliner solo Sate Kere
Sate kere adalah  sate dari tempe gembus
Alamat : Warung Sate kere Yu Rebi di daerah Penumping dekat Stadion Sriwedari atau di dekat TK Marsudirini

Wisata kuliner solo Sambel Tumpang
Sesuai dengan namanya nasi ini terdiri dari nasi putih yang ditumpangi aneka sayuran rebus seperti bayam, taoge, dan kacang panjang lalu disiram dengan kuah kental. Kuah kental ini dibuat dari campuran santan dan tempe semangit yang dihaluskan. Biasanya di dalam kuah kental tumpang ini ada tahu putih, telor rebus dan krecek
Alamat : Disekitar Lapangan Manahan SOLO


Wisata kuliner solo Srabi Notosuman
Serabi Notosuman merupakan salah satu oleh-oleh wajib Kota Solo. Benar-benar rugi kalau anda sudah berkunjung ke Kota Solo, tetapi tidak sempat mencoba kelezatan Serabi Notosuman. Srabi ini lain dari yang lain.
Alamat :Jalan Moh. Yamin Notosuman



Silahkan anda Download peta kota solo, dan jangan lupa lihat Kaset Rekaman Penahanan Bibit dan Candra dan kumpulan artikel kami lainnya :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Related post