Senin, 05 November 2012

KERIPIK BONGGOL PISANG


Keripik bonggol pisang, sebuah makanan yang masih asing ditelinga kita. Konon makanan ini adalah makanan favorit masyarakat jawa dimasa penjajahan. Dari namanya makanan keripik bonggol pisang seolah adalah makanan yanga tak lazim di konsumsi, namun dengan sedikit sentuhan tangan-tangan kreatif, sebuah bonggol pisang bisa menjadi makanan yang renyah, gurih dan menggoyang lidah kita.

Bonggol pisang adalah batang dari pohon pisang yang sudah ditebang. Biasanya bonggol pisang oleh para petani dibiarkan busuk begitu saja, namun akibat pembiaran itu membuat bonggol pisang yang busuk akan mempengaruhi pertumbuhan pohon pisang disekitarnya menjadi jelek. Muncul sebuah ide dari seorang ibu muda yang kreatif, Ibu kita Ibu Sudarti dari desa Ngruno Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta yang mengubah sebuah bahan sisa menjadi makanan yang gurih dan menggoyang lidah. Yah..inilah makanan yang penuh inovasi itu, kripik bonggol pisang.

Cara pembuatan keripik bonggol pisang tidaklah susah, bahan-bahan yang dipakai juga mudah didapatkan. Secara singkat cara pengolahan keripik bonggol pisang adalah sebagai berikut :



  • Iris bonggol pisang tipis-tipis, kemudian rendam dengan air
  • Setelah itu, goreng dengan bumbu sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan
  • Jika sudah ditiriskan beberapa saat, silahkan anda goreng kembali sampai matang

  • Adapun manfaat dari mengkonsumsi keripik bonggol pisang selain rasanya renyah juga mengandung serat yang tinggi. Jadi tunggu apa lagi, yuk kita coba keripik bonggol pisang ini.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts with Thumbnails

    Related post