Rabu, 28 April 2010

Universitas Idaman-ku

Universitas Idaman-ku. Sembilan tahun yang lalu aku teringat sebuah momen yang cukup berharga bagiku. Saat dimana aku harus menentukan sebuah pilihan untuk masa depan di sebuah universitas idaman. Saat itu aku masih duduk di bangku kelas tiga SMU. Keluargaku berasal dari desa yang jauh dari mengeyam pendidikan di perguruan tinggi. Begitu juga dengan lingkunganku, tak ada seorang warga di dusunku yang mempunyai gelar sarjana. Bagi mereka (warga dusunku), menjadi seorang sarjana bukanlah hal yang bisa menjajikan masa depan anak-anaknya. Mereka lebih memilih menjual sawahnya, untuk mendaftarkan anaknya menjadi polisi atau pegawai lainnya. Namun aku bersyukur, keluargaku punya pandangan lain, apalagi ibuku. Ibuku sangat berharap aku bisa menuntut ilmu sebanyak mungkin. Karena dengan bekal ilmu kita bisa berguna bagi diri kita dan orang lain. 

Yah..kondisi seperti itulah yang membuat aku bingung harus kemana aku bertanya tentang Perguruan Tinggi Idaman. Bertanya pada ayah dan ibuku, mereka tiada tau.  Bertanya pada paman Google, mana mungkin? Karena waktu itu, teknologi internet tidak seperti sekarang. Untuk mengoperasikan komputer saja, saya masih gugup dan takut, apalagi untuk mencari informasi di internet. Namun..alhamdulillah Allah memberikan kemudahan bagi hambaNya yang berdoa dan berusaha dengan sungguh-sungguh. Disuatu hari sekolahan ku mengadakan sebuah bimbingan gratis tentang seputar Universitas dan Jurusannya yang di moderatori para kakak Alumni yang sedang kuliah di beberapa Perguruan Tinggi Favorit Indonesia dan bekerjasama dengan salah satu Universitas Negeri terkemuka di Indonesia. "Yah ..inilah forum yang aku tunggu-tunggu"kataku dalam hati. Forum dimana aku bisa bertanya tentang seputar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, Jurusan yang paling bagus dan mempunyai prospek menjanjikan kedepannya, serta Tips dan Trik agar bisa sukses ketika kuliah di perguruan tinggi.

Forum bimbingan pun dimulai dengan mengangkat sebuah tema "Perguruan Tinggi Idaman".  Penjelasan dimulai dari definisi perguruan tinggi idaman itu seperti apa? Ada 3 pertanyaan yang dilontarkan untuk menjelaskan apa itu Perguruan Tinggi Idaman.
  1. Apakah perguruan tinggi idaman harus selalu perguruan tinggi terbaik di Indonesia?
  2. Apakah perguruan tinggi idaman harus selalu perguruan tinggi yang termahal?
  3. Apakah perguruan tinggi swasta seperti Universitas Islam Indonesia tidak bisa menjadi perguruan tinggi idaman?
Satu demi satu pertanyaan itu dijawab.
Pertanyaan 1:
  • Perguruan Tinggi Idaman secara umum bisa dikatakan sebagai perguruan tinggi terbaik di suatu negara. Namun secara personal, tidak semua orang menganggap perguruan tinggi terbaik disuatu negara adalah perguruan tinggi idaman mereka. Banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor-faktor itu antara laian adalah :
    • Biaya, lingkungan, kemampuan dari diri kita (apakah kita bisa sukses di perguruan tinggi yang banyak dengan siswa berprestasi sedangkan kemampuan kita biasa-biasa saja.Yang mungkin bukannya sukses, tapi STRESS)  dan Jurusan yang kita ambil
  • Jadi Perguruan Tinggi Idaman, adalah perguruan tinggi terbaik bagi diri kita yang tentunya sesuai dengan visi dan misi kita, sesuai dengan kemampuan dan bakat kita, unggul di jurusan yang kita pilih dan sesuai dengan kemampuan kita untuk membiayainya.
 Pertanyaan 2 :
  • Tidak semua perguruan tinggi yang termahal bisa sebagai perguruan tinggi idaman. Karena mahal belum bisa dijadikan ukuran. Mungkin secara fasilitas dan sarana, perguruan tinggi termahal syarat dengan kecukupan. Namun lingkungan pembelajaran sangat berpengaruh besar terhadap kualitas seorang sarjana.
Pertanyaan 3 :
  • Tidak menutup Kemungkinan perguruan tinggi idaman kita adalah perguruan tinggi Swasta. Karena tidak semua pergurun tinggi swasta itu jelek. Malah banyak perguruan tinggi swasta yang memiliki sarana, pengajar dan lingkungan yang lebih baik dari pada perguruan tinggi negeri. So..jangan bersedih dan ragu jika anda memilih untuk kuliah di perguruan tinggi swasta
Untuk mengupas lebih dalam tentang Universitas Idaman, para alumni mulai masuk ke sebuah situs yang menampilkan rangking dari universitas-universitas favorit di Indonesia. Alamat situs itu adalah : http://www.webometrics.info/rank_by_country.asp?country=id. Di dalam situs tersebut terdapat ranking dari seluruh universitas berdasarkan negaranya. Jika kita klik dan membaca isi dari situs itu, terlihat Universitas Negeri yang nomor 1 adalah Universitas Gadjah Mada. Sedangkan Universitas Swasta yang nomor 1 adalah Universitas Islam Indonesia. Rangking dari berbagai universitas di Indonesia ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kita untuk memilih dan menentukan universitas idaman kita. 

Namun tidak cukup sampai disitu. Yang perlu kita cermati juga adalah jurusan yang akan kita ambil. Ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan untuk mengambil sebuah jurusan:
  1. Pilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan kita. Jangan memaksakan sebuah jurusan yang kita tidak senangi atau tidak sesuai dengan bakat kita.Karena nantinya itu akan menjadi bumerang bagi diri kita
  2. Pilih jurusan yang mempunyai prospek kerja cukup bagus di dunia kerja untuk 4 - 5 tahun kedepan.
  3. Pilih jurusan yang telah memiliki akreditasi yang jelas.
  4. Pilih jurusan yang mempunyai Alumni yang sudah banyak tersebar di berbagai perusahaan, karena ini nanti akan menjadi link kita dalam mencari pekerjaan
Nah..4 faktor itu cukup penting untuk kita perhatikan. Namun bukan berarti harus ke-empat empatnya kita pilih. Pilihlah yang kita anggap terbaik untuk diri kita. 
Terus, apakah ada sebuah korelasi antara sebuah jurusan dengan sebuah universitas? Ya..tentu ada, karena setiap universitas mempunyai jurusan jurusan unggulan. Misalkan, bagi anda yang ingin kuliah di fakultas kedokteran, Universitas Islam Indonesia dan Uni versitas Indonesia bisa menjadi alternatif pertama yang bisa anda pilih. Lain halnya jika anda memilih teknik, ITB, UGM atau ITS-lah yang bisa menjadi pilihan anda. Nah..peta-peta jurusan dengan universitasnya juga sangat penting untuk kita perhatikan dan kita gali informasinya. Informasi-informasi ini akan lebih up to date jika kita bisa mendapatkannya dari kakak alumni kita yang sedang belajar di sebuah perguruan tinggi negeri.

Setelah mendengarkan penjelasan-penjelasan tadi, mata saya akhirnya terbuka. Saya mulai bisa berjalan dengan arah. Saya mulai mengerti tentang hal-hal  yang harus saya lakukan untuk memilih sebuah perguruan tinggi idaman saya. Dan dengan membaca bismilllah, akhirnya 9 tahun yang lalu saya telah menentukan perguruan tinggi idaman saya. Perguruan tinggi yang mengantarkan saya menjadi seorang Research and Development Officer disebuah perusahaan terkemuka. Saya merasa puas dengan pilihan saya. Terimakasih Allah SWT, terimakasih ibu, terimakasih kakak alumni, dan terimakasih teman-teman semua.

Cerita ini saya persembahkan untuk Lomba Blog UII. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Aminn

 

4 komentar:

  1. Sekarang Perguruan tinggi negeri dan swasta sama aja, sama2 mahal. :)

    BalasHapus
  2. hemm...benar2 bingung...:(

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara mencari tahu universitas yang terbaik di mbah google??

    BalasHapus
  4. Swiming is the best exercise in summer and running in winter
    QU-IT & QU

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails

Related post