Jumat, 23 Oktober 2009

Pilot Tertidur diatas ketinggian 31.000 kaki, Pesawat Lupa belum Mendarat


Ada kejadian aneh yang terjadi untuk kedua kalinya di Amerika Serikat.Dua pilot maskapai penerbangan Northwest Airlines menerima sanksi yang cukup berat karena lupa mendaratkan pesawatnya diatas ketinggian 31.000 Kaki. Menurut keterangan para pilot tersebut, mereka lupa mendaratkan pesawat karena asyik mengobrol hingga melewati bandara sejauh 150 mil.

Seperti diberitakan ABC News.Com, Jumat (23/10/2009), kedua pilot terpaksa memutar balik pesawat sebelum akhirnya mendarat dengan selamat. Mereka mangaku kepada pihak FBI bahwa mereka sedang asyik mengobrol sehingga lupa untuk mendaratkan pesawat."Mereka lupa kalau harus menurunkan 144 penumpang," kata petugas administrasi penerbangan federal.

Saat dilakukan penyelidikan lebih lanjut, penyidik federal tidak bisa membuka isi pembicaraan yang dilakukan oleh para pilot. Perekam suara yang terletak di kokpit pesawat rupanya tidak berfungsi.

Dugaan-dugaan lain pun bermunculan. Para penyidik memperkirakan, kedua pilot tersebut sempat tertidur dalam perjalanan dari San Diego. "Itu adalah penjelasan yang paling masuk akal," kata Bill Voss, presiden yayasan keselamatan penerbangan.

Saat ini para pilot di nonaktifkan untuk dilakukan penyelidikan. Jika memang ditemukan unsur kelalaian maka kedua pilot itu akn dikenakan sanksi pecat dan dilarang untuk terbang lagi.

Hal serupa  ini, bukan untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. Pada Januari 2008 lalu, dua pilot dari Go! Airlines tertidur selama 18 menit saat menerbangkan pesawat dari Honolulu menuju Hilo, Hawaii. Pesawat tersebut melewati bandara yang dituju, sebelum akhirnya kantor pusat pengendali membangunkan pilot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Related post